Jelang Natal, Gereja Fokus Diamankan

Sabtu, 24 Desember 20110 komentar

BALIKPAPAN - Dalam Operasi Lilin jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2012, jajaran Kepolisian Polsek Balikpapan Barat siap memfokuskan pengamanan 5 gereja di wilayah Balikpapan Barat yang diprioritaskan pengamanannya mulai 22 Desember 2011 hingga 1 Januari 2012.
 
"Ada 5 gereja yang mendapatkan perhatian ekstra," jelas Kapolsek Balikpapan Barat AKP M Rizal Muchtar, Kamis (22/12) kemarin.

Seluruh gereja itu, menjadi prioritas karena tingkat kerawanannya terhadap tindak kriminal. Karena itulah, pada 5 gereja itu juga diadakansecurity dooruntuk pengamanannya. "Pada prinsipnya semua diamankan, tapi ada skala yang perlu diperhatikan," ujarnya.

Polsek Barat sendiri akan menurunkan sebanyak 40 personel. Personel keamanan itu akan disebar di beberapa tempat yang dianggap rawan seperti tempat ibadah dan tempat rekreasi. “Kami juga berharap agar masyarakat yang tidak merayakan natal juga turut berpartisipasi membantu pengamanan Natal dan Tahun Baru," urai perwira balok tiga ini.

Meskipun gereja menjadi titik sentral pengamanan, namun kepolisian perlu juga mengantisipasi berbagai kemungkinan mengenai lokasi lain yang harus dijadikan prioritaa pengamanan. Mengacu pada pengalaman, gangguan keamanan bukan hanya terjadi pada rumah ibadah saja, walaupun konteksnya sedang dalam perayaan keagamaan.

“Kami harapkan warga khususnya agar berpartisipasi melakukan pengamanan,peran serta warga masyarakat sangat diharapkan,” pungkas Rizal.

Pengamanan bertajuk Operasi Lilin 2012 itu selama 7 hari dimulai sejak 22 Desember hingga 1 Januari 2012. Untuk tempat ibadah gereja di Balikpapan ada 72 gereja diamankan dalam melaksanakan rangkaian ibadah memperingati natal. Jumlah personelnya setiap gereja antara 5-15 personel baik bersergam maupun berpakaian sipil.

Kepolisian Polsek Utara juga melakukan pengamanan yang serupa. Setidaknya adalah 12 gereja menjadi perhatian ekstra.”Pengamanan dalam operasi lilin siap kita lakukan, Khususnya yang kerap dilakukan masyarakat berpotensi terjadi aksi kejahatan,” kata Kapolsek Balikpapan Utara AKP Putu Rideng. (bapos)
Share this article :

Posting Komentar

 
Link : Humas Polri | Polda Kaltim | Polres Balikpapan
Copyright © 2013. Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang - All Rights Reserved
Created by Bripka Basuki Rachmad | Published by Polsek Kawasan Pel. Semayang
Proudly powered by Blogger